Selasa, 02 Mei 2017

Tugas 9 : Analisis Laporan Keuangan Internasional


Nama Jurnal
Jurnal Dinamika Manajemen
Volume / Halaman
Vol. 1 No.3 / 153 – 168
Nama Penulis
Tan Sau Eng
Judul Jurnal
Pengaruh NIM, BOPO, LDR, NPL & CAR terhadap ROA Bank Internasional dan Bank Nasional Go Public Periode 2007 – 2011
Tanggal Jurnal
Juli – September 2013
Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui perkembangan NIM, BOPO, LDR, NPL, CAR dan ROA Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.
2.      Untuk menganalisis pengaruh NIM, BOPO, LDR, NPL dan CAR secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.
Metode Penelitian
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Variabel Penelitian
-        Variabel independen :  Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL) and Loan to Deposit Ratio (LDR).
-        Variabel dependen : Return On Asset (ROA).
Hasil Penelitian
Hasil menunjukkan bahwa semua variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan secara parsial hanya NIM, LDR dan NPL memiliki pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan Penelitian
1.      NIM, BOPO, LDR, NPL & CAR secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap ROA.
2.      NIM, LDR, dan NPL memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Sedangkan BOPO dan CAR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset.
3.      Diantara ke-5 variabel independen tersebut (NIM, BOPO, LDR, NPL dan CAR), NIM merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap ROA Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.
Pendapat Mengenai Jurnal
Seharusnya dengan Mengizinkan bank dan semua lembaga keuangan untuk melakukan jual beli dengan komoditas barang dan jasa serta melakukan bisnis riil agar dapat menghindari bank dari adanya riba.



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates