Selasa, 02 Mei 2017

Tugas 11 : Manajemen Resiko Keuangan


Nama Jurnal
Jurnal SMARtek
Volume / Halaman
Vol. 19 No.1 / 39-46
Nama Penulis
Mastura Labombang
Judul Jurnal
MANAJEMEN RiSIKO DALAM PROYEK KONSTRUKSI
Tanggal Jurnal
Februari 2011
Tujuan Penelitian
Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tentang manajemen risiko pada proyek konstruksi dan mengembangkan strategi untuk mengurangi atau bahkan menghindarinya, dilain sisi juga harus dicari cara untuk memaksimalkan peluang yang ada
Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah studi literatur tentang manajemen risiko pada proyek konstruksi dengan mengacu kepada teori-teori yang relevan.
Variabel Penelitian
Variabel independen :  penanganan yang dilakukan terhadap risiko yang mungkin terjadi (respon risiko) dengan cara : menahan risiko (risk retention), mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer), menghindari risiko (risk avoidance).
Hasil Penelitian
Hasil studi menunjukkan bahwa manajemen risiko sangat penting dilakukan bagi setiap proyek konstruksi untuk menghindari kerugian atas biaya, mutu dan jadwal penyelesaian proyek. Melakukan tindakan penanganan yang dilakukan terhadap risiko yang mungkin terjadi (responrisiko) dengan cara : menahan risiko (risk retention), mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer), menghindari risiko (risk avoidance).
Kesimpulan Penelitian
1)      Manajemen risiko merupakan pendekatan yang dilakukan terhadap risiko yaitu dengan memahami, mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko suatu proyek.
2)      Penilaian risiko yang dilakukan meliputi :
Identifikasi risiko, memahami kebutuhan atau mempertimbangkan risiko, menganalisis dampak dari risiko tersebut/evaluasi risiko, menetapkan siapa yang bertanggung jawab terhadap risiko tertentu (alokasi risiko).
3)      Melakukan tindakan penanganan yang dilakukan terhadap risiko yang mungkin terjadi (respon risiko) dengan cara :
menahan risiko (risk retention), mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer),
menghindari risiko (risk
avoidance).
Pendapat Mengenai Jurnal
Dalam jurnal tersebut sudah cukup bagus penjelasannya yaitu  mengenai manajemen resiko suatu proyek agar dapat menghindari kerugian atas biaya ,mutu dan jadwal proyek.



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates