Kamis, 30 Maret 2017

Tugas 2 (Perkembangan Akuntansi Internasional)


Nama Jurnal
JurnalAkuntansidanManajemen
Volume / Halaman
Volume 6 No. 1 / 67 – 77
Nama Penulis
Gustina
JudulJurnal
StudiAnalisisPerkembanganPerbankanSyariah di Indonesia
TanggalJurnal
Juni 2011
TujuanPenelitian
Tujuandaripenelitianiniadalahmenganalisis kinerja perbankan syariah di Indonesia sebagai negara yang memiliki populasi besar dari Muslim di dunia.
MetodePenelitian
TeknikPengumpulan Data : StudiPustaka
TeknikAnalisis : AnalisisDeskriptifKualitatif
VariabelPenelitian
-    Variabelindependen :Penerapansistemakuntansisyariah
-    Variabeldependen :kinerjaperbankansyariah
HasilPenelitian
Performance yang ditunjukkanolehperbankanshariah Indonesia masihtergolongsangatkeciljikadibandingkandengannegaratetangga yang juga terkenaimbaskrisissepertiMalaysia.Dengan dana awalperbankanshariahsebesar RM 400 ribupada 19833, totalasset sector inibertumbuhsangatcepat, hinggaakhirtahun 2004 telahberlipatgandamenjadi RM 95 juta4 dengan 10.5% pangsapasardalam perbankan5. Inimenunjukkandalamkurunwaktu yang sama (hampir 20 tahun) performance perbankanshariah Malaysia sangatjauhmeningkatdibandingIndonesia.Padahal Indonesia adalah Negara denganjumlah orang muslim yang banyakjikadibandingkandengan Malaysia. Dan Indonesia sudahharusbersaingtidakhanyadengan Malaysia tetapidengan Negara lainnya. Sesungguhnyaislamsangatmendorongumatnyauntuksalingbersaingkarenadibalikituakanterciptakinerja / performance yang semakinbaikjikabersaingsecarapositif. Dan untukmencapai market share yang luasdanberkembang Indonesia harusmemiliki skill dankemampuan yang sesuai.
KesimpulanPenelitian
Banyaknyakendala yang harussama-samadihadapiolehpihakterkaitsepertipihakperbankan, pemerintah, danmasyarakattermasukkaumulamadanusahawan Muslim harusmendorongkitauntukberikhtiarlebihkuatdangiat agar iklimperekonomian Islam seperti yang didambakanolehseluruhumatdapatterlaksana.
PendapatMengenaiJurnal
Prospekperbankansyariahsangatmenjanjikan di indonesiadalammemberikankontribusipadaperekonomianbangsadannegaramakaperlusupportbdarisemuaelemenmasyarakatdan Negara terkaitperkembanganPerbankanSyariah.




0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates